Keseriusan warga menangani masalah sampah, ternyata bisa memberikan nilai ekonomi yang meskipun kecil namun memberi manfaat ekonomis selain itu  kebersihan selalu terjaga, kesehatan juga terjamin.

Ibu – ibu dengan dengan senyum penuh harapan rame-rame ngumpul menyetorkan sampah an organik yang telah dipilah – pilah untuk dijual pada pemulung yang telah melakukan ‘MOU”. Hasil penjualan sampah tersebut masuk dalam tabungan RT yang telah bekerja sama dengan bank BKK. “Hasile alit mas, tapi lumayan kangge tabungan, mangke setaun khan kathah” tutur salah seorang ibu pengurus PKK RT 01 RW 01.

Kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin dari  ibu – ibu di Bojanegara dengan cara dan sistem yang berbeda di setiap RT, sebagai bagian dari upaya menciptakan Bojanegara Sehat dan mandiri dengan memaksimalkan pengelolaan sampah rumah tangga.

Keseriusan seperti ini semoga selalu lestari dan berkembang, sehingga modal bersih dan sehat yang tercipta juga mampu menciptakan generasi yang cerdas, beriman dan berkualitas.

Bagikan Berita