Sebuah ember hitam berukuran sedang, yang sebagian besar digunakan untuk “ngangsu banyu” dan “wadah kumbahan”, ternyata memiliki fungsi lain yang bermanfaat. Dari ember ini produksi pupuk cair organik berkembang dan bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan unsur hara tanaman sayur yang berkembang di Bojanegara.

Di ember hitam ini pula terjadi proses secara alami akhirnya tidak saja meningkatkan kebersihan dan kesehatan masyarakat, tetapi juga membantu meringankan pengeluaran bahkan jika ditekuni akan menjadi sumber pendapatan keluarga.

Botol aqua, bahan plastik yang sulit hancur dan baru dimanfaatkan sebagai sarana untuk mencangkok salak dan “sangu wedang mangkat sawah opo kebon” ternyata lebih bermanfaat dimanfaatkan sebagai tempet fermentasi MOL dan penampung hasil pupuk cair organik yang berasal dari tempat sampah.

Ternyata keharmonisan ember  dan botol aqua bisa menciptakan kebersihan, keindahan, kesehatan dan tambahan pendapatan masyarakat, nah dengan hal mudah seperti ini  kenapa kita tidak mencoba.

Bagikan Berita