Kolam ikan dan perikanan, sebuah potensi yang perlu dimaksimalkan di Bojanegara, kenapa….Air melimpah, dengan sumber yang tidak pernah kering merupakan sarana pokok kegiatan perikanan, tetapi selama ini potensi terebut belum dapat dimaksimalkan menjadi sumber pendapatan warga Bojanegara dan masih menjadi kegiatan sampingan.

Luasan kolam yang masih dibawah 2 Ha, tidak sebanding dengan ketersediaan air yang ada. Hanya sebagian dari kolam – kolam yang ada, yang dikelola dengan baik, lainya masih mengandalkan kakus atau buangan rumah tangga dan buangan manusia. Padahal jika dilihat dari sudut kesehatan hal tersebut jelas kurang sehat, apalagi jika kita pandang dari sudur esatetika…duh….nyepeti mata.

Padahal dari cerita mereka yang mengelola kolam dengan serius, hasil yang didapat cukup lumayam, artinya butuh keseriusan dalam melakukan kegiatan perikanan ini. Mudah – mudahan saja timbul kemauan yang lebih dari warga setelah mereka aktif ketemu, ngobrol dalam kelompok kegiatan yang ada di Bojanegara.

Sayangnya selama ini tidak ada dari pemerintah khususnya yang menangani hal perikanan turun ke desa memberi motifasi dan penyuluhan, padahal potensi ini sangat – sangat besar.

Bagikan Berita