PKK dan Posyandu Bojanegara bekerja sama dengan Puskesmas II Sigaluh, secara rutin mengadakan penyuluhan kepada ibu – ibu hamil. Kegiatan ini dilakukan di Aula Balai Desa, sebagai upaya pembekalan agar ibu – ibu hamil semakin memahami apa yang harus dilakukan selama hamil, sehingga dimasa persalinan tidak mengalami masalah alias aman – aman saja. Kegiatan ini mendapat respon yang baik, apalagi Posyandu selalu aktif mendata, membina ibu – ibu hamil. Disamping itu juga disampaikan tentang program pemerintah yang berkaitan dengan kesehatan seperti balita sehat, ibu hamil, jampersal.

Di sisi lain masyarakat juga menggalakan siap siaga buat ibu hamil. Warga yang punya mobil oleh kader dihubungi untuk menyiapkan diri membantu sewaktu – waktu dibutuhkan, dan menyatakan kesiapannya.

Desa secara khusus juga mengalokasikan anggaran Dana Sehat, yang dikelola langsung oleh Posyandu. Dana sehat tersebut bisa dipergunakan untuk membantu biaya kesehatan balita kurang mampu, ibu hamil, lansia dll. Jadi insya allah ibu – ibu hamil sudah mendapat perlindungan dan penjagaan dari warga, baik dari sisi angkutan, tim donor darah yang selalu siap siaga dan tim medis dari Puskesmas II Sigaluh.

Namun ya harus diingat program pemerintah 2 anak cukup agar kualitas sebuah keluarga semakin baik.

Bagikan Berita