Team Green Bojanegara kembali mengadakan pelatihan untuk warga pada hari Kamis 14 Pebruari 2013 di Balai Desa, yang diikuti oleh pengurus kelompok tani, pengurus RT, pengurus Bank Sampah, BPD dan LP3m, semua berjumlah 52 orang. Kegiatan yang dilaksanakan secara swadaya ini mendatangkan P. TO Suprapto dari Yogyakarta. Kegiatan dimulai jam 09.15 sampai 14.30 WIB dengan materi Manajement Kelompok dan Manajement Keluarga.

Dalam pelatihan disampaikan dengan jelas apa dan bagaimana seharusnya sebuah kelompok, keluarga mengelola keuangan dan kegiatan bersama, sehingga sebuah kelompok atau keluarga dapat menentukan sendiri apa yang dibutuhkan, dikeluarkan dan ditabung untuk hari depan. Di kalangan petani sendiri dapat menentukan harga jual dari hasil pertaniannya tanpa harus mendapat tekanan dari para tengkulak, namun diperlukan syarat utama yaitu kebersamaan dan kekompokan dari seluruh komponen masyarakat.

Pelatihan di akhiri dengan penyusunan RTL dan ular-ular dari P. Singgih Kepala KLH Banjarnegara yang menyempatkan diri untuk rawuh di Bojanegara. Dalam arahanya P. Singgih menyampaikan bahwa program desa yang berkaitan dengan lingkungan hidup untuk selalu terus digalakan dan ditingkatkan, apalagi Bojanegara telah menjadi contoh kegiatan penanganan sampah rumah tangga di Kab. Banjarnegara.

Bagikan Berita