Berkaitan dengan program Prima Tani yang masuk ke kelompok tani wanita, dalam hal ini KWT Layar Terkembang yang ber maskas di RW II, telah dilaksanakan pelatihan untuk mereka selama 3 hari. Dimulai tanggal 13-15 Agustus 2014 di Aula Balai Desa Bojanegara dan dilanjutkan di hari terakhir pelatihan dilaksanakan study banding ke Yogyakarta, tepatnya di Joglo Tani Godean, Sleman.

Dalam pelatihan tersebut disamping untuk anggota kelompok tani wanita Layar Terkembang, juga dilibatkan dari SLTP, SD/MI yang ada di Bojanegara, serta perwakilan ketua RT dan Perangkat Desa. Semua perserta berjumlah 40 orang. Dalam sambutan pembukaan pelatihan Bp. Singgih dari Kantor Ketahan Pangan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut atau pendorong kegiatan yang selama ini sudah berjalan di Bojanegara, agar semakin mantap terutama dalam hal pemanfaatan halaman, serta lahan-lahan produktif agar menjadi lebih beragam dan bermanfaat.

Materi yang diberikan adalah tentang penguatan kelebagaan kelompok, tentang Primatani, pertanian organik dan perikanan. Sedangkan untuk tutor atau pelatih, disamping dari dinas Ketahanan Pangan, Perikanan juga dari PPL dan Kepala Desa. Dan bersyukur peserta begitu antusias menerima pelatihan, bahkan saat materi perikanan, waktunya sampai molor cukup lama karena penuh dengan pertanyaan-pertanyaan dari peserta.

Bagikan Berita