Widodo yang akrab dipanggil Wido, merupakan salah satu dari sekian warga yang menekuni bisnis pembibitan albasia. Dengan sebagian lahan merupakan lahan sewaan milik PT KAI dia menjalankan bisnis jual belinya, baik dari hasil pembibitan sendiri maupun beli dari daerah purworejo dan dijual kembali. Ribuan bibit disiapkan olehnya, dan tidak hanya bibit albasia dengan berbagai ukuran, tetapi juga juga ada bibit tanaman keras lainya seperti jemitri, jabon dan beberapa tanaman hias.

Bersama dengan yang lain seperti Pak Mono, Mas Husen, Mas Udin mereka membentuk kelompok pedagang bibit, dan kelompok mereka juga sudah bisa mengakses dana yang ada baik dari PNPM, BUMDesa maupun yang lainnya. Karyawan yang bekerja pada mereka juga merupakan warga Bojanegara dan sebagian besar adalah ibu-ibu. Dengan demikian kiprah mereka juga ikut membantu mengurangi pengangguran yang ada di Bojanegara. Mudah-mudahan mereka selalu lancar sehingga bisa tambah orang yang bisa bekerja pada mereka.

Disisi lain ada juga sisi yang kurang baik yaitu penempatan bibit mereka yang kadang tidak mengindahkan situasi dan kondisi. Lokasi yang yang berada tepat di ruas jalan Purwokerto Wonosobo kadang menjadi kelihatan sempit oleh bibit mereka. Kalau dipandang sepintas memang menjadi indah dengan dominasi warna hijau yang terhampar, tetapi kurang baik bagi pengguna jalan raya.

Bagikan Berita