Begitulah, kalau lagu punya niat buat sesuatu ya gak mikir siang apa malam, yang penting jadi dan bermanfaat. Saat temen-temen perangkat nunggu tim PPS dan KPPS rapat persiapan pileg kemarin, dari pada hanya duduk ngobrol, dimanfaatkan untuk membuat media hidroponik dari pipa PVC. Kebetulan aja ada sisa pipa bekas yang nganggur. Dan ternyata dengan banyak temen gak sampai 1 jam jadi deh, dan siap digunakan.

Caranya ya seperti biasa, medianyaPVC Hidroponik menggunakan tanah atau tumbukan batu bata/genteng atau yang lain, dengan tempat menggunakan barang bekas seperti bekas ale-ale, atau aqua gelas, kemudian diberi sumbu dengan kain atau sumbu kompor. Dengan prinsip kapilaritas ternyata bisa tanaman juga tumbuh baik dan subur. Yang penting pupuk cair yang dipergunakan berkualitas dan tidak kimia.

Cuma ada lagi syaratnya, hidroponik sederhana ini lebih baik dipergunakan saat musim kemarau, kenapaaaa? biar tidak terjadi over air atau pupuk cair yang mubah karena air hujan yang berlebihan. Kelebihan jelaslah, kta tidak perlu repot siram menyiram setiap hari, cukup cek seminggu sekali, kalau habis tambah pupuk cair lagi, begitu seterusnya. Jadi model ini juga cocok buat kita-kita yang sibuk kerja. Yang lain adalah tidak perlu listrik sebagaimana hidroponik umumnya. Tertarik? coba aja buat, insya allah akan menyukainya.

Bagikan Berita