Minggu sore yang cerah ternyata dianfaatkan oleh ibu-ibu KWT Sekar Boja untuk belajar bersama. Dengan mengenakan seragam kaos lengan panjang putih dipadu warna orange, mereka berkumpul di markasnya. Setelah acara mulai yang dipandu dan dijelaskan oleh sekretaris KWT, kegiatan pokok sore itupun dimulai. Ternyata ibu-ibu KWT berlatih membuat jahe instan, dengan bahan jahe yang dibawa oleh anggota kelompok dari rumah.

Pelatihan pembuatan jahe instan ini dibimbing langsung oleh sang ketua Yekti, yang telah lebih dahulu menerima pelatihan, Yekti menyampaikan bahwa kelompok selalu berusaha untuk berlatih dan belajar dalam upaya mencari terobosan agar bisa menghasilkan sesuatu yang bisa menambah pendapatan bagi rumah tangga, karena di Bojanegara banyak potensi yang bisa dibuat menjadi bahan olahan. Namun semua juga tergantung semangat dan kemauan ibu-ibu maupun remaja putri yang ada.

KWT Sekar Boja yang dibentuk dengan SK Kepala Desa, menurutnya sebagai upaya membantu program desa yang bertujuan menjadi desa sehat dengan organik, terutama dalam hal menjaga keberlangsungan pemanfaatan sampah rumah tangga dan lahan pekarangan yang sudah berjalan hampir 1 tahun, dimana saat ini sudah hampir setiap rumah telah memanfaatkan samaoh dan pekarangan yang ada dengan sayuran.

Bagikan Berita