Salah satu alat yang digunakan untuk membuat/memproses sampah organik menjadi pupuk adalah Komposter. Alat ini dibuat dari tong plastik, yang dimodifikasi sehingga dari alat tersebut bisa menghasilkan pupuk padat yang cukup berkualitas. Hanya dengan ditambah pipa PVC sebagai sekat, pupuk jadi sebagai starter, kardus penahan dan sedikit kesabaran, jadilah pupuk padat dari sampah organik rumah tangga. Dan dijamin alat tersebut berfungsi untuk waktu yang yang lama dan tidak sering membongkar.

Diawal perjalanan menuju Bojanegara Sehat dan Mandiri alat tersebut masih menjadi barang aneh, tapi lama kelamaan apalagi setelah menerima bantuan dari PPEJ Yogyakarta, alat tersebut menjadi sangat familiar bagi warga Bojanegara dan hampir setiap rumah memilki alat tersebut.

Untuk saat ini Green Bojanegara telah memproduksi sendiri alat tersebut dan siap menerima pesanan dari yang membutuhkan. Disamping hal itu juga telah diproduksi Tong Lindi. Alat ini berfungsi untuk membuat POC (Pupuk Organik Cair) dari bahan sampah rumah tangga, terutama sisa-sisa dari dapur. Disamping berfungsi sebagai pabrik POC juga dari alat tersebut dihasilkan magot yang menjadi makanan tambahan untuk ikan. Menurut ahlinya pakan ikan ini lebih super dari pelet yang terbaik, karena kandungan proteinya 60% lebih. Nah, jadinya alat ini berfungsi ganda, namun demikian jika kita masuk rombongan manusia yang takut kotor alat itu tidak ada artinya.

Bagikan Berita