Irigasi wangan Cilik merupakan salah satu saluran irigasi pokok bagi pertanian di Bojanegara. Saluran tersebut merupakan cabang dari Sungai Curug, disamping ada irigasi wangan tengah, pengangson yang mengalir ke sebagian wilayah RW II, juga ada satu saluran lagi yang masuk ke wilayah pertanian di RW III. Jadi sebagai induk Sungai Curug merupakan sungai pokok bagi kelangsungan pertanian di Bojanegara. Sungai tersebut berasal dari hutan di daerah Desa Panawaren, tepatnya di daerah Kaligawe dan lokasi tersebut juga merupakan tempat yang nyaman untuk jalan-jalan.

Saat ini Wangan Cilik telah selesai dibangun, meskipun belum total selesai, karena baru setengahnya. Anggaran yang dipergunakan untuk membangun berasal dari kegiatan P4ISDA-IKA yang berasal dari Serayu Opak Yogyakarta sebesar Rp. 178.000.000,-. Pembangunan yang dikerjakan oleh panitia desa alhamdulillah dapat selesai sesuai target dan terjadi pengembangan ke Sungai Pengangson.

Dengan selesainya sebagian dari Saluran Wangan Cilik tersebut, desa masih memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan sebagian yang belum digarap, yaitu sekitar 150 M. Dan jika hal tersebut sudah bisa direalisasikan insya allah semua saluran irigasi yang besar dan panjang di wilayah Bojanegara sudah terbangun semua dan tinggal memaksimalkan perawatannya.

Bagikan Berita