Menanam ternyata tidak harus menggunakan media tanah, akan tetapi bisa juga menggunakan media yang lain seperti batu bata, pasir, sabut kelapa dan ternyata semuanya hidup dan bisa dipanen sesuai dengan waktunya. Seperti selada yang bisa dipanen pada umur 30 hari yang ditanam di sebuah pot kecil atau bekas aqua gelas atau bekas wadah popmie, yang selanjutnya diberi sumbu yang bisa menjadi sarana tanaman untuk mendapatkan suplay air.

Hidroponik sederhanaDi balai desa banyak ditanam sayuran dari berbagai jenis, seperti selada, sawi, pokcay, seledri dengan menggunaka media tanam tersebut. Pada intinya media tanam dari pot kecil atau tempat yang lain, dari bagian bawah diberi sumbu dengan menggunakan kain bekas, atau sumbu kompor. Nah dari sumbu tersebut itulah tanaman mendapatkan gizinya, karena sumbunya masuk kedalam tabung dari pipa PVC ukuran 4″. Didalam pipa tersebut berisi ir yang sudah dicampur dengan pupuk cair dengan perbandingan tertentu.

Cara ini ternyata cukup efektif digunakan pada saat musim kemarau, karena kita tidak disibukan dengan kegiatan menyiram tanaman. Disamping hal tersebut cara ini juga bisa menggunakan barang bekas seperti botol aqua atau tempat lain yang tidak bocor, suplay makanan juga bisa mencukupi dan terambil secara optimal oleh tanaman. Kalau hidroponik yang sebenarnya menggunakan listrik untuk menyiram tanaman, tapi kami ternyata bisa dengan cara sumbu. Kenapa tidak mencoba yang lebih murah dan mudah?

Bagikan Berita