Mulai hari Senin kemarin, tepatnya tanggal 11-12 Agustus 2014, Green Bojanegara kembali melaksanakan pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga menjadi pupuk organik dan kerajinan. Pelatihan yang dimotori/diselenggarakan oleh Indonesia Power Mrican ini bertempat di aula Kecamatan Wanadadi Banjarnegara.

Program CSR dalam bidang pemberdayaan masyarakat kali ini melibatkan FOSIKAWAN (Forum Komunikasi Kepala Dusun Kec. Wanadadi) dan ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) se Kec. Wanadadi sebanyak 47 orang. Diharapkan peserta pelatihan ini nantinya bisa menjadi motor penggerak untuk program lingkungan dalam upaya mendukung program kesehatan lingkungan.

Kegiatan pelatihan dibuka langsung oleh Bupati Banjarnegara, Bp. Sutejo Slamet Utomo, dengan penyematan tanda peserta pelatihan secara simbolis, selain hadir dari perwakilan Indonesai Power yaitu Ibu Rina, hadir juga dari Kantor LIngkungan Hidup Kab. Banjarnegara yang diwakili oleh Bp. Tulus, Camat Wanadadi dan Kepala Desa Wanadadi serta Green Bojanegara.

Hari pertama pelatihan diisi dengan materi ruang tentang pengenalan cara pengelolaan sampah dan dilanjutkan dengan praktek pembuatan MOL, POC dan POP serta nutrisi untuk tanaman, hari ini selesai sampai jam 16.00 WIB. Pada hari kedua materi dibagi menjadi 2 yaitu untuk ibu-ibu berlatih membuat kerajinan dari plastik, sedangkan bapak-bapak melanjutkan membuat tong lindi, membuat EM4, yang kemudian secara bersama-sama mendapat materi hidroponik sederhana. Selepas insoma acara dilajutkan dengan diskusi, dan RTL sebelum pelatihan ditutup oleh Sekcam Wanadadi Bpk. Bambang pada jam 14.15 WIB.

Bagikan Berita