Dana sosial PNPM yang merupakan dana keuntungan dari kegiatan simpan pinjam yang dikelola oleh UPK kec. Sigaluh, cukup memberikan dampak baik bagi masyarakat yang kurang mampu, karena sebagian dari mereka bisa menerima dana dari hasil keuntungan tersebut, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, namun bisa sedikit membantu memenuhi kebutuhan mereka, baik untuk tambahan modal usaha maupun biaya anak sekolah.

Di tahun 2013 dana sosial PNPM dibagikan hampir di seluruh desa di Kecamatan Sigaluh, 14 desa dan 1 kelurahan menerimanya. Masing masing desa menerima untuk 8 orang, yang diperuntukan untuk biaya sekolah dan tambahan modal usaha. Setelah melalui rapat di tingkat kecamatan dan usulan calon penerima dari masing-masing desa, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi ke sasaran oleh 2 tim. Akhirnya dana bisa langsung terbagi kepada yang bersangkutan.

Meski nilainya sedikit, yaitu Rp. 150.000/orang, akan tetapi mereka sangat merasa terbantu dengan adanya dana sosial yang dikeluarkan oleh PNPM. Mudah-mudahan PNPM bisa berlanjut meskipun harus berganti baju ditahun yang akan datang.

Bagikan Berita