Bukan hari istimewa bagi jajaran pemerintahan desa Bojanegara namun sejak hari Selasa  ini justru kami merasa terpacu dan dihadang tantangan baru. Hari ini  (18/09/2012) Desa Bojanegara secara resmi telah memiliki situs/website yang secara mandiri berinisiatif untuk berbagi kepada semua orang di seluruh dunia. Kami mendaftarkan nama www.bojanegara.or.id sebagai alamat resmi agar semua orang bisa mendengarkan cerita kami.

Awal niat kami sederhana hanya beritikad untuk berbagi kepada warga Bojanegara yang berada di perantauan agar senantiasa turut memantau perkembangan kampung. Setidaknya mereka akan turut membantu memberi masukan demi kemajuan desa. Meskipun langkah awal ini belum bisa optimal karena masih butuh support dari berbagai pihak, baik pemerintah desa secara internal maupun warga dalam turut berkontribusi meramaikan portal desa ini.

Inspirasi Gerakan Desa Membangun yang saat ini gencar dilakukan di banyak desa sebagai bentuk kegiatan mandiri dan partisipatif menjadi salah satu pemicu semangat dibangunnya portal ini. Optimalisasi kegiatan yang berbasis pewartaan warga ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya agar pemerintah desa dapat mengotpimalkan sumber daya desa demi kemakmuran warga tanpa harus menunggu perhatian (‘bantuan’) pemerintah.

Banyak desa yang sudah menuai manfaat dengan adanya situs semacam ini. Meskipun semua tidak bisa instan dan tidak serta merta membuahkan hasil.

Setidaknya kami berupaya untuk banyak bercerita dan terbuka …

Bagikan Berita