Setelah melalui seleksi cukup ketat serta nunggu dana ada akhirnya terpilih juga rumah tangga dengan pemanfaatan pekarangan terbaik di Bojanegara. Seleksi dilakukan oleh pengurus PKK dan perangkat desa selama 3 hari, dengan katagori rumah pengurus PKK dan Posyandu, lingkungan RT dan rumah tangga non pengurus. Masing-masing diambil 3 juara, khusus untuk non pengurus dan perangkat setiap RW ada juara 1, 2 dan 3.

Kegiatan ini sebagai upaya untuk menambah atau memacu kegiatan pemanfaatan pekarangan dengan sayuran dan toga  guna mendukung program Bojanegara organik. Hadiah merupakan biaya swadaya dari PKK dan Desa, patungan begitu. Syarat utama pemenang adalah harus memiliki tong lindi, jadi meskipun tanaman sayur dan toga lengkap dan baik tetapi jika tidak memiliki tong lindi maka tidak akan menjadi juara. Hal ini dilakukan agar supaya sampah organik benar-benar dimanfaatkan untuk membuat pupuk cair, sehingga program desa bersih bisa berjalan karena cara itu akan mengurangi buangan sampah organik secara sembarangan.

Mudah-mudahan kegiatan ini terus berjalan sampai betul-betul tujuan Bojanegara Sehat dan Bersih tercapai dan menjadi budaya hidup warga Bojanegara.

Bagikan Berita