Kegiatan sekolah sahabat lingkungan berlanjut terus di MIM Bojanegara dalam upaya mendidik dan melatih anak-anak untuk memahami arti penting kebersihan, kesehatan sekolah serta menanamkan budaya untuk mencintai dan bersahabat dengan alam sekitar. Setiap hari sabtu di MIM Bojanegara selalu dipergunakan untuk kegiatan tersebut. Sabtu 26 Januari 2013 acaranya adalah aksi bersih lingkungan di sepanjang jalan protokol desa Bojanegara.

Dipandu oleh guru dan team green boja anak-anak dari kelas 1 sd 6 berjalan menyusuri jalan utama desa, mereka dibekali tas kresek untuk mengumpulkan sampah yang ada di jalan, Setelah semua terlewati anak-anak kembali ke sekolah dengan membawa sampah yang telah dikumpulkan, Kemudian dihalaman sekolah mereka membuat lingkaran dari masing-masing kelas. Sambil bernyanyi sampah yang terkumpul dikeluarkan dari tempatnya. Kegiatan dilanjutkan dengan pelajaran memilah-milah sampah. Sampah plastik, kertas dan kaleng ditempatkan di kantong yang telah disediakan sesuai dengan jenisnya, sedangkan sampah organik dimasukan ke dalam komposter untuk dijaadikan pupuk.

Begitulah aksi mereka setiap hari sabtu belajar menyatu dan bersahabat dengan lingkungannya. Mudah-mudahan apa yang mereka dapat diterapkan juga pada saat dirumah,

Bagikan Berita